Klaster Pasar Besar Positif Covid-19 Jadi 9 Orang

  • Oleh Hendri
  • 26 Mei 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Data terbaru pada tanggal 26 Mei sebagaimana rilis dari tim gugus tugas Covid-19 Kalimantan Tengah terdapat penambahan 1 pasien positif di Kota Palangka Raya. Ternyata, penambahan itu bagian dari klaster Pasar Besar Palangka Raya.

"Benar, hari ini ada penambahan satu positif lagi untuk klaster pasar besar dari hasil swab test kemaren. Sehingga total ada 9 orang yang positif terinfeksi Covid-19 disana," tutur Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Kota Palangka Raya, Emi Abriyani, Selasa 26 Mei 2020.

Pihaknya telah melakukan rapid test kepada pedagang di Pasar Besar di Makodim 1016 Kota Palangka Raya. Yakni berjumlah  sekitar 100 orang. Kemudian, tes juga dilakukan di Jalan Sumatera oleh Dinas Kesehatan kota setempat dan memeriksa 80 orang.

"Total rapid kemaren, pada tanggal 21- 23 Mei ditemukan 27 yang reaktif. Mereka dilakukan swab test secara bergantian. Mereka telah mendapatkan penanganan dari tim gugus tugas, dan tracing terhadap siapa saja yang melakukan kontak erat dengan mereka," bebernya.

Menyikapi hal tersebut, tim gugus tuga telah memperketat kawasan Pasar Besar. Kini telah disiapkan 13 posko cek point serta menerjunkan ratusan personel untuk melakukan pengawasan dan sosialisasi protokol kesehatan.

"Mulai hari ini, cek point tersebut telah diisi oleh personel dari TNI/Polri serta Satpol PP untuk mengawasi pergerakan pedagang dan pembeli," ungkapnya.

"Satu dua hari ini akan dilakukan sosialisasi, dan mungkin pada hari ketiga akan dilakukan penyekatan pedagang serta rekayasa lalu lintas disekitaran kawasan Pasar Besar oleh Polri," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru