Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Perjuangkan Pengadaan PCR

  • Oleh Hendri
  • 27 Mei 2020 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan sejauh ini pihaknya masih meperjuangkan pengadaan Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat pendeteksian Covid-19.

"Kita sudah ajukan permohonan untuk pengadaan itu dan kita juga masih berjuang agar bisa membeli alatnya sendiri," kata Fairid.

Pengadaan PCR ini sangat penting, apalagi kasus positif Covid-19 terus menangalami penambahan. Bahkan ada transmisi lokal baru yang dikenal dengan klaster pasar besar dan telah menginfeksi sembilan pedagang disana.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, drg Andjar Hari Purnomo menuturkan untuk mempercepat pendeteksian Covid-19 ada dua cara. Pertama di swab test dan yang kedua adalah hasil dari pemeriksaan PCR.

Saat ini kata dia, alat PCR di RSUD Doris Sylvanus memang ada, namun banyak antrean karena seluruh pemeriksaan masyarakat Kalteng ada disitu.

Dengan adanya alat PCR milik pemko sendiri diharapkan bisa memperpendek waktu diagnosa pastinya. Untuk penyediaan alat PCR pihaknya memiliki dua opsi yakni dengan mendapatkan bantuan dari Kementerian Kesehatan atau pengadaan secara mandiri melalui APBD.

"Untuk opsi membeli sendiri, sudah kita usulkan ke pimpinan. Infonya, untuk harga alat PCR kurang lebih Rp 3 Miliar," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru