Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT SAP Diminta Kembalikan Rp 6,2 Miliar Kelebihan Pembayaran Proyek Jalan Kuala Pembuang-Segintung

  • Oleh Naco
  • 27 Mei 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Proyek jalan Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung, Kabupaten Seruyan  yang bergulir pada 2018 bermasalah. Perusahaan pelaksana pekerjaan yakni PT Surya Adhi Perkasa atau PT SAP diminta mengembalikan kelebihan pembayaran sebesar Rp6.232.365.818,72 sebagaimana hasil temuan BPK.

Lantaran tidak mau mengembalikan, Pemkab Seruyan mengajukan gugatan wanprestasi ke Pengadilan Negeri Sampit. Dalam gugatannya itu mereka meminta agar tergugat mengembalikan kelebihan pembayaran itu.

"Ada dua saksi yang kami hadirkan hari ini, Yang Mulia," kata kuasa hukum tergugat Ruzali, Rabu, 27 Mei 2020 dalam sidang yang dipimpin oleh AF Joko Sutrisno.

Dalam sidang itu tergugat menghadirkan saksi Ahmad Riduan orang yang saat itu melakukan perbaikan jalan tersebut dan saksi Eri Susanto, kuasa direkrut perusahaan tersebut.

Sementara itu dari Pemkab Seruyan sebelumnya menghadirkan saksi dari BPK. Sidang selanjutnya PT Surya Adhi Perkasa akan menghadirkan saksi lagi yakni dari ahli. 

"Kami rencananya akan menghadirkan dua ahli. Namun yang sudah menyatakan siap baru satu ahli," tegas Ruzali.

Sementara itu kuasa dari Pemkab Seruyan M Subahan mengaku, saksi dari mereka hanya satu orang saja. "Cuma satu saja saksi kami, yang kemarin saja," tukasnya.

Dalam petitum gugatannya Pemkab Seruyan meminta agar hakim mengabulkan gugatan mereka untuk seluruhnya tanpa kecuali

Menyatakan penggugat adalah pihak yang benar dan harus dilindungi; MenyatakanAddendum Kontrak Nomor : 620/03.8/KONTRAKADD-BM/III/2018 tanggal 22 Maret 2018 sah dan berharga menurut hukum;

Menyatakan tergugat terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan wanprestasi yang menimbulkan kerugian bagi penggugat.

Menghukum tergugat untuk mengembalikan uang kelebihan pembayaran Rp6.232.365.818,72 (enam miliar dua ratus tiga puluh dua juta tiga ratus enam puluh lima ribu delapan ratus delapan belas ribu tujuh puluh dua sen).

Berita Terbaru