Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjarmasin Pasok Hingga 40 Persen Ayam Ras untuk Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Mei 2020 - 18:21 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan merupakan pemasok hingga 40 persen dari total pemotongan ayam ras di Kota Palangka Raya.

Hal ini dikatakan Kepala Unit Pelaksanan Teknis Daerah Rumah Potong Hewan atau UPTD-RPH Palangka Raya milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, drh Ganjar Priyatno kepada Borneonews pada Rabu, 27 Mei 2020.

"Ayam dari Banjarmasin memasok sekitar 30-40 persen dari total pemotongan di Palangka Raya. Begitu pula dengan sapi siap potong, mayoritas yang dinikmati warga Palangka Raya dipasok dari luar Kalteng yang masuk melalui pelabuhan di Banjarmasin," katanya.

Kedua kategori angkutan sembako ini memiliki efek manfaat untuk masyarakat luas, terutama di Kota Palangka Raya, namun saat ini pasokannya agak terhambat.

"Pengusaha ayam keberatan dengan harga tes covid-19 yang mencapai 600.000 dan hanya berlaku selama 7 hari," jelasnya.

Diharapkan pemerintah memberikan subsidi atau bahkan digratiskan tes covid-19 untuk awak kendaraan transportasi logistik pangan dan sembako.

"Mereka bukannya tidak mau dites melainkan keberatan dengan harga tes yang lumayan tinggi sementar masa berlakunya cukup singkat. Hal ini tadi sudah disampaikan kepada Ketua DPRD Kota Palangka Raya oleh Perhimpunan Perunggasan Indonesia atau Pinsar Provinsi Kalimantan Tengah dan Asosiasi Pengusaha Pemotong Sapi atau APPTS Kota Palangka Raya, saya juga ikut mendampingi tadi," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru