Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPTD Rumah Potong Hewan Usulkan Ada Rapid Test untuk Angkutan Pangan di Setiap Pos Jaga Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Mei 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Unit Pelaksanan Teknis Daerah Rumah Potong Hewan atau UPTD-RPH Palangka Raya milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, drh Ganjar Priyatno mengatakan bahwa pihaknya mengusulkan adanya rapid test khusus untuk angkutan pangan yang ditempatkan pada setiap pos jaga Covid-19.

"Tadi Perhimpunan Perunggasan Indonesia atau Pinsar Provinsi Kalimantan Tengah dan Asosiasi Pengusaha Pemotong Sapi atau APPTS Kota Palangka Raya menemui Ketua DPRD Kota Palangka Raya dan soal rapid tes ini menjadi salah satu poin usulannya," kata drh Ganjar kepada Borneonews pada Rabu, 27 Mei 2020.

Di Pos Pantau Covid-19 menurutnya diharapkan ada uji rapid cepat sehingga jika ada sopir angkutan smebako yang tidak membawa surat bebas covid-19 dapat dilakukan rapid di tempat.

"Jadi yang membawa pangan dan sembako tidak harus disuruh putar balik kalau ada rapid tes di tempat. Tentu saja dengan konsekuensi jika hasilnya positif akan langsung diisolasi, jika negatif bisa melanjutkan perjalanan," tambah drh Ganjar.

Dengan demikian, lanjutnya, pasokan pangan menuju Kota Palangka Raya tidak akan terlalu terhambat seperti sekarang ini.

"Apalagi kalau rapid tes-nya bisa digratiskan untuk angkutan sembako, akan lebih memudahkan. Hal tersebut juga termasuk untuk angkutan pendukung sembako seperti pakan ternak, obat dan bibit ternak, serta sarana produksi peternakan atau sapronak lain peternakan dan pertanian," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru