20.986 KK di Kotawaringin Timur Terima Bantuan Sosial Tunai Terdampak Covid-19 dari Pemprov Kalteng

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 28 Mei 2020 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 20.986 kepala keluarga di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendapatkan bantuan sosial tunai terdampak Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis, 28 Mei 2020. 

Bantuan tersebut diserahkan langsung Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran kepada Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi dan secara simbolis kepada sejumlah penerima. Adapun penyalurannya nanti melalui Bank Kalteng. 

"Alhamdulillah hari ini berkesempatan menyerahkan langsung secara simbolis BST di Kotim," ujar Sugianto Sabran.

Sementara itu, total uang yang disalurkan mencapai Rp 10.493.000.000. Dengan nilai bantuan yakni Rp 500 ribu per penerima. 

Bantuan tersebut sendiri merupakan langkah dari pemerintah provinsi untuk masyarakat di Kalteng. Karena bantuan ini tidak hanya diberikan untuk masyarakat Kotim saja, namun juga bagi warga kabupaten lainnya. Terutama warga yang terdampak covid-19 dan belum tercover bantuan dari pusat. 

Untuk di Kalteng sendiri, jumlah bantuan yang disalurkan mencapai 180.747 kk. Dengan nilai seluruh bantuan sebesar Rp 90.373.500.000. 

Dasar bantuan itu, Sugianto Bantuan menjelaskan setelah melihat langsung kondisi masyarakat di Kalteng ini. Terutama dari segi kesehatan dan ekonomi dampak covid-19. 

"Dari segi ekonomi sangat berpengaruh, sehingga kami memutuskan untuk memberikan bantuan tunai ini," kata Sugianto. 

Dia juga mengatakan pandemi yang panjang ini telah berdampak pada sendi-sendi perekonomian masyarakat. Tidak sedikit keluarga yang dapat kehilangan sebagian bahkan keseluruhan mata pencahariannya. 

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat dan membantu kebutuhan hidup mereka. Saya tidak ingin warga Kalteng ada yang meninggal karena kelaparan di tengah pandemi Covid-19," terang Sugianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru