Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kotawaringin Timur Desak Pemkab Evaluasi Pelabuhan Bongkar Muat Dalam Perkotaan

  • Oleh Naco
  • 28 Mei 2020 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mendesak agar Pemkab Kotim mengevaluasi keberadaan polelabuhan bongkar muat dalam perkotaan Sampit. 

Karena, pelabuhan dalam kota berdampak pada pembangunan jalan. Apalagi angkutan yang menuju pelabuhan kerap membawa muatan melebihi kapasitan di atas 8 ton.

“Saya sudah cek seperti Jalan S Parman, saat ini jalannya mulai bergelombang dan ini sebentar lagi akan rusak parah," kata Handoyo, Kamis, 28 Mei 2020.

Kerusakan itu tidak lain karena muatan dari truk yang bongkar muat dari pelabuhan itu melebihi kemampuan jalan tersebut.

Handoyo menyebutkan, kondisi demikian tidak bisa dibiarkan karena akan menganggu infrastruktur di Sampit. 

Selain itu, kendaraan yang keluar masuk melintas jalan S Parman ini sudah tidak bisa lagi dibiarkan karena selain menyebabkan kerusakan jalan juga faktor keselamatan warga.

“Sudah berapa kali truk fuso itu amblas di Jalan S Parman maupun Jalan Ahmad Yani. Apa mungkin terus menerus dibiarkan," tegasnya.

Untuk itu, pemkab harus segera koordinasikan dengan Pelindo untuk membicarakan hal ini. Dan Pemkab Kotim punya kewenangan untuk itu.

Menurutnya, jika pelabuhan itu dipindah maka ketahanan jalan dalam Kota Sampit juga bisa lama. Namun sebaliknya jika tetap dibiarkan, maka jalan itu akan cepat rusak lalu menelan anggaran untuk penanganan dengan jumlah besar. (NACO/B-11)

Berita Terbaru