Ini Klarifikasi Dinas Kominfo Palangka Raya Terkait Harga Ayam Rp 80 Ribu Per Kg

  • Oleh Hendri
  • 28 Mei 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistis dan Persandian menyampaikan klarifikasi terkait sejumlah informasi yang menyebutkan harga ayam potong mencapai Rp 80 ribu per kilo gram pada 27 Mei 2020.

Kepala Dinas Kominfo Kota Palangka Raya, Gunawan Abel mengatakan, informasi tersebut itu tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya setelah dinas perdagangan bersama dinas ketahanan pangan terjun melakukan pengecekan diketahui ayam potong hanya dijual pada kisaran Rp 40 sampai Rp 45 ribu per kilo gram.

"Pada 27 Mei 2020 kami cek harga ayam potong di Pasar Kahayan cuman Rp 40 sampai Rp 45 ribu. Sampai hari ini harga itu tetap sama.  Sedangkan ayam kampung dijual Rp 70 ribu per kilogram," katanya, Kamis 28 Mei 2020.

Selain itu pihaknya juga meluruskan informasi adanya permintaan ayam yang sangat tinggi. Hal itu juga tidak benar yang ada permintaan kebutuhan ayam normal-normal saja bahkan permintaan itu cenderung menurun.

Gunawan menegaskan Kota Cantik tidak pernah kehabisan atau kekosongan pasokan ayam potong.  Pasalnya pemasok ayam tidak hanya dari Banjarmasin namun juga dari daerah lain seperti Kabupaten Gunung Mas, Bukit Rawi dan Sampit.

"Jadi adanya isu-isu negatif tentang kenaikan harga ayam, mobil pengangkut ditahan dan segala macamnya kami rasa itu berbau spekulasi saja," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru