Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Yalimo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Timpah Pulang Mudik Lebaran Disambut Rapid Test dan Isolasi Mandiri

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 28 Mei 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekitar 172 warga Desa Timpah, Kecamatan Timpah yang diketahui baru pulang mudik lebaran disambut rapid test. Mereka lalu diminta melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di desa setempat.

Inisiatif dan ketegasan Pemerintah Desa Timpah ini menindaklanjuti surat edaran Camat Timpah terkait imbauan larangan mudik pada Hari Idul Fitri beberapa waktu lalu, agar wabah Covid-19 agar tidak menyebar dan menulari warga di wilayahnya.

Kepala Desa Timpah Budi Santoro dalam menyikapi hal tersebut secara langsung memberikan sanksi tegas kepada warganya yang melaksanakan mudik agar bisa isolasi mandiri. Mereka juga harus menjalani rapid test.

"Kita harus tegas dengan aturan yang ditetapkan dan ini patut ditaati oleh seluruh warga Desa Timpah. Jauh-jauh hari kita sudah memberitahukanya kepada mereka terkait apa konsekuensinya apabila mereka tetap mudik, apalagi pergi ke wilayah yang memang kondisinya mengkhawatirkan," ucap Budi Santoro, Kamis, 28 Mei 2020.

"Setidaknya kami sudah berupaya sedini mungkin guna mengantisipasi agar wabah Covid-19 ini tidak menulari warga kami," lanjut dia.


Lebih lanjut, ia menjelaskan mengapa tindakan tegas ini dilakukan. Pihaknya tidak ingin hanya karena satu orang yang tertular Covid-19 akibat habis bepergian, bisa menulari warga desa lainnya.

Ia bersyukur bahwa hasil rapid test yant telah dilaksanakan seluruhnya non reaktif. Namun tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Setidaknya dengan antisipasi yang kita lakukan tentu saja akan lebih mudah menanganinya daripada sudah terpapar lebih banyak lagi. Apalagi wilayah Desa Timpah adalah komplek pemukiman dan pasar besar yang dijadikan sebagai transit perdagangan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/m)

Berita Terbaru