Ini Titik Tubuh yang Menjadi Jalur Masuk Virus Corona

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 28 Mei 2020 - 17:21 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sangat penting dilakoni untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Karena PHBS ini menjadi benteng terdepan untuk mencegah penularan penyakit seperti virus corona atau Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan penyebaran virus itu masuk ke tubuh melalui beberapa titik seperti halnya virus corona. 

"Virus itu, termasuk virus corona ditularkan melalui air liur. Masuknya virus ini melalui beberapa titik tubuh," katanya, Kamis, 28 Mei 2020. 

Lanjutnya, beberapa titik tubuh itu di antaranya mata, mulut dan hidung. Yaitu titik-titik yang juga memiliki lendir. 

"Karena itu sangat penting penggunaan masker itu. Sekali lagi saya katakan masker ini wajib digunakan bagi setiap orang tanpa terkecuali," tegasnya. 

Dia menjelaskan masker ini sebagai penghalang air liur menebar ke mana-mana, sehingga jika semua sadar menggunakan masker, maka penyebaran virus ini pasti akan bisa dicegah. 

"Kemudian yang paling penting juga adalah cuci tangan. Baik sebelum makan atau sesudah beraktivitas. Saya ingatkan jangan sesekali menyentuh wajah kalau tangan kita tidak bersih," jelasnya. 

Sebab virus yang masih menempel di tangan itu tak akan bisa masuk lewat kulit, kecuali kita menyentuh wajah maka virus itu bisa masuk lewat mata, hidung atau mulut kita. 

"Sehingga jangan pernah kita tinggalkan cuci tangan dengan sabun dan dengan air mengalir sebelum makan atau sesudah beraktivitas," tandasnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru