Disdukcapil Barito Timur Buka Kembali Layanan Tatap Muka, Warga Urus KTP Meningkat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Mei 2020 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Barito Timur kembali membuka layanan tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Barito Timur Muslim Raharjo menjelaskan, dibukanya kembali layanan tatap muka ini sebagai bentuk kepedulian dan respon instansi yang dipimpinnya atas kebutuhan mendesak atau permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Banyak masyarakat yang mau menerima bantuan sosial tidak memiliki KTP atau pun NIK-nya salah, serta warga yang hendak melanjutkan pendidikan," ujar Muslim di Tamiang Layang, Kamis 28 Mei 2020.

Menurutnya, sesuai instruksi Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil seluruh pelayanan administrasi kependudukan dilakukan secara online selama pandemi Covid-19.

Namun karena pertimbangan tersebut di atas maka pelayanan pembuatan KTP secara tatap muka kembali dibuka dengan memprioritaskan yang akan menerima bantuan sosial, melanjutkan pendidikan dan yang baru membuat KTP.

"Masyarakat yang mengurus KTP juga meningkat karena urgen untuk menerima bansos dan yang sekolah tadi," imbuhnya.

Untuk menghindari membludaknya masyarakat yang akan mengurus KTP di kantor Disdukcapil, Muslim juga telah menyurati Camat Dusun Timur dan Dusun Tengah agar mengarahkan warganya untuk melakukan perekaman KTP di kantor camat masing-masing.

"Jadi nanti ke kantor Disdukcapil hanya untuk mencetak KTP saja," lanjutnya.

Muslim juga mengingatkan masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan di Disdukcapil agar tidak mengabaikan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

"Masyarakat yang berurusan ke kantor Disdukcapil harus mengenakan masker, mencuci tangan serta menjaga jarak saat mengantre," pungkasnya. (BOLE MALO/m)

Berita Terbaru