Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pansus Covid-19 DPRD Barito Timur: Penyaluran Bansos Jangan Sampai Timbulkan Masalah Baru

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Mei 2020 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua Panitia Khusus atau Pansus Pengawasan Penanganan Covid-19 DPRD Barito Timur, Raran mengingatkan semua pihak terkait agar penyaluran bantuan sosial atau bansos tidak mengabaikan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

"Saat penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) orang berbondong-bondong, bagaimana pengaturannya itu harus diperhatikan," tegasnya, Kamis 28 Mei 2020.

Dia tidak menghendaki upaya pemerintah menyelesaikan dampak sosial ekonomi dari wabah Covid-19 ini justru meningkatkan penyebaran virus tersebut.

"Jangan sampai menimbulkan masalah baru, kalau dapat BLT tapi kena Covid-19 kan percuma. Kita berdoa supaya itu tidak terjadi, namun masyarakat juga harus patuh menjalankan protokol kesehatan," imbuhnya.

Raran juga meminta agar kepala desa atau lurah mendata warga yang memang memenuhi kriteria untuk mendapatkan bansos agar semua warga yang layak dibantu dapat menerima Bansos.

Menurutnya, dari pemerintah pusat hingga desa, total ada 6 jenis bansos yang disalurkan, belum lagi dari pihak swasta. Karena itu seharusnya tidak ada warga yang memenuhi kriteria namun tidak mendapatkan bansos.

"Kalau data dari pusat yang salah masih bisa kita maklumi, tapi kalau kepala desa tidak bisa mendata warganya dengan baik, berarti cuma mendata diatas meja, itu dipertanyakan pemimpin seperti itu" pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru