Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Yang Berani Antar Warga Tes Swab, Danpos AL Kumai Jadi Driver Dadakan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 29 Mei 2020 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Akibat tidak ada yang berani mengantarkan 17 warga RT 5 Desa Sungai Kapitan, Kecamatan Kumai untuk diambil swab, Kamis, 28, Mei 2020 Komandan Pos Angkatan Laut ( Danpos AL) Kumai, Letda (P) Rio Kusuma harus turun tangan menjadi driver dadakan.

Menurut Danpos AL, Jumat, 29 Mei 2020 saat ditanyakan kenapa ia bersedia melakukan tugas tersebut, dengan nada santai ia menjelaskan alasannya.

"Tentunya sebagai prajurit TNI, saya harus siap mengantisipasi kondisi apapun. Karena tidak ada warga yang berani melakukan tugas tersebut, saya harus segera ambil alih," kata Danpos AL.

Walau demikian, lanjut Danpos AL, dalam bertugas ia tetap mengedepankan unsur safety dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa satu set pakaian hazmat lengkap.

"Ada 17 warga yang mau diambil swabnya dan mereka lagi ditunggu kan kasihan mereka mas, nanti kalau terlalu lama kan malah menjadi ribet. Apapagi tim medis lagi menunggu, sementara warga yang diambil swabnya juga lagi ada rasa kegalauan dan was-was," ungkap Rio Kusuma.

"Sebenarnya saya spontan saja melakukan hal itu. Ini adalah panggilan hati prajurit TNI AL. Karena saat saya tanyakan pada Kades Kapitan Mulkan bahwa ia mempunyai APD, maka tugas tersebut langsung saya ambil alih," jelas Danpos AL.

Masih menurut Danpos AL, ia menduga tidak adanya warga yang bersedia mengantarkan 17 orang yang akan diambil swab kemungkinan lantaran takut tertular Covid-19.

"Namun anehnya kondisi tersebut malah ini jadi tontonan. Seharusnya warga lain diam di rumah dan patuhi arahan protokol kesehatan," tambahnya.

Danpos AL juga mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran covid-19.

"Tetap tinggal  di rumah, hindari keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak, selalu gunakan masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir usai beraktivitas dan  tetap jaga jarak," pungkasnya.(WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru