Pandemi Covid-19 Jangan Sampai Sebabkan Herd Immunity

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Mei 2020 - 17:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini jangan sampai menyebabkan herd immunity atau kekebalan kelompok ketika sebagian besar orang dalam suatu telah memiliki kekebalan terhadap penyakit.

Wabah penyakit akibat infeksi virus akan hilang ketika mayoritas populasi kebal, dan individu berisiko terlindungi oleh populasi umum. Oleh karena itu, Ketua DPRD tidak menginginkan hal ini terjadi.

"Herd immunity atau kekebalan kelompok ini sangat tidak disarankan, karena secara umum ini seperti ungkapan 'hidup syukur mati ya terserah'," kata Sigit, Jumat, 29 Mei 2020.

Menurut Sigit, dengan herd immunity, virus akan sulit menemukan host atau inang untuk menumpang hidup dan berkembang kemudian dengan sendirinya akan menghilang karena tidak menemukan inang. Kondisi inilah yang disebut dengan Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

"Secara teori jika suatu penyakit menular sudah menginfeksi sejumlah tertentu di suatu kelompok masyarakat, otomatis herd immunity terbentuk. Tapi ini sangat bahaya, karena artinya itu adalah kepasrahan tanpa ada upaya. Untuk itu kami mendorong agar masyarakat harus bergotong royong bersama-sama untuk melawan pandemi Covid-19 ini," pintanya.

Apalagi dengan adanya anggapan bahwa ketiadaannya kesadaran masyarakat yang kuat, para petugas medis dan para petugas satgas yang merasa sudah sangat lelah akibat pandemi yang tak kunjung berakhir akibat masyarakat yang tak patuhi anjuran pemerintah, maka dikhawatirkan akan menyebabkan herd immunity. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru