Ketua DPRD Palangka Raya: Berbahaya Jika Terjadi Herd Immunity karena Kepasrahan Tenaga Medis

  • Oleh Testi Priscilla
  • 29 Mei 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan adanya anggapan bahwa kesadaran masyarakat yang kuat untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19 ini sudah tidak ada, para petugas medis dan gugus tugas lelah serta putus asa. Apalagi masyarakat yang tak patuhi anjuran pemerintah dikhawatirkan akan menyebabkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Herd immunity sangat berbahaya dan beresiko karena sebelum kekebalan tersebut terbentuk, maka mayoritas kelompok masyarakat mesti terinfeksi terlebih dahulu," kata Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto, Jumat, 29 Mei 2020.

Menurut Sigit, semakin menularnya suatu penyakit demi mendapatkan herd immunity, maka akan semakin banyak penduduk yang terinfeksi sebelum terbentuknya herd immunity dengan sendirinya.

"Jangan mengambil risiko. Jangan sampai ada korban jiwa lagi dari Covid-19 ini, apalagi jika harus membiarkan 70 persen populasi penduduk kita terinfeksi virus sehingga akan mendapatkan kekebalan antibodi secara alami," tegas Politisi PDI Perjuangan ini.

Sigit tidak menginginkan hal ini terjadi. Makanya, dia meminta masyarakat betul-betul mematuhi anjuran dan aturan yang dikeluarkan pemerintah demi keamanan dan kesehatan bersama.

"Kita tidak tahu seberapa banyak yang akan bertahan. Lebih baik menggunakan langkah lain yang lebih aman, karena memang masih bisa. Langkah aman lain ialah betul-betul kita taat pada anjuran pemerintah, jangan ke luar rumah, kalau ke luar gunakan masker. Jangan bosan dengar saya mengatakan ini karena memang inilah yang harus kita lakukan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru