Tangis Haru Risma Terima Bantuan Alkes dari BIN

  • Oleh Inilah.com
  • 29 Mei 2020 - 19:15 WIB

INILAHCOM, Surabaya - Badan Intelejen Negara (BIN) menyalurkan bantuan ribuan alat-alat kesehatan untuk pemerintah kota Surabaya. Bantuan itu diberikan untuk mempercepat penanganan kasus Covid-19 di ibukota Jawa Timur ini.

Penyerahan bantuan Alkes ini diwakili oleh Sekretaris Utama (Sestama) BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo sebagaimana arahan dari Kepala BIN, Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Walikota Surabaya Tri Rismaharini menerima langsung bantuan ribuan Alkes diantaranya berupa APD, Alat Rapid Test dan PCR tersebut di gedung Balaikota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/5/2020).

Ada moment menarik saat Risma menerima bantuan Alkes dari BIN tersebut. Risma tiba-tiba meneteskan air saat memberikan sambutan kepada awak media. Tetesan air mata itu menurut Risma adalah ungkapan rasa terima kasih dan bahagianya dapat bantuan Alkes yang cukup banyak dari BIN.

"Saya terima kasih banyak. Alhamdulilah, ini sangat penting untuk kami. Terima kasih pak Kepala BIN Drs Budi Gunawan, terima kasih pak Sesma (Komjen Pol Bambang Sunarwibowo). Terus terang bantuan ini sangat penting," ucap Risma.

Risma menyampaikan alat-alat kesehatan yang dimiliki Pemkot Surabaya untuk melakukan pelacakan masih sangat minim dan belum canggih. Bahkan rapid test yang dimiliki Pemkot Surabaya, hasilnya dalam satu hari hanya sedikit.

"Permasalahan kenapa ini panjang karena hasil rapid saja bisa satu hari cuma 70. Padahal yang di tes banyak," ujarnya.

Risma tiba-tiba menghela nafas sejenak. Ia menangis, mengingat perjuangan tim Covid-19 Surabaya, terutama tim medis. Bantuan dari BIN ini diyakini Risma adalah buat kesabaran dari Pemkot Surabaya untuk mengatasi kasus Covid-19 yang terus menanjak sejak beberapa pekan terakhir.

"Kami tidak menyangka, karena di saat yang sulit seperti ini, kami dimudahkan tuhan dengan bantuan melalui BIN," ucap Risma sambil menitihkan air mata.

Sementara itu, Sestama BIN, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo mengatakan bantuan ini diharapkan dapat membantu Pemkot Surabaya untuk memutus rantai penularan Covid-19.

"Kami berharap bantuan ini dapat mengurangi beban Pemkot Surabaya dan dapat mempercepat penanganan COVID-19 di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya sebagai episentrum penyebaran virus corona di Jawa Timur," ucap Komjen Pol Bambang Sunarwibowo.

Berita Terbaru