Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Lamandau Bertambah 7 Orang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 Mei 2020 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lamandau bertambah tujuh orang. Penambahan itu terjadi setelah keluarnya hasil uji sampel swab untuk 10 orang pekerja dari rekanan perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Lamandau, pada Jumat 29 Mei 2020 malam.

"Hasil swab untuk 10 orang pekerja dari rekanan salah satu perusahaan swasta di Lamandau sudah keluar Jumat (29 Mei 2020) malam. Hasilnya, tujuh dari sepuluh orang tersebut terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau H Hendra Lesmana, Sabtu 30 Mei 2020 dini hari. 

Hendra Lesmana yang juga Bupati Lamandau itu menyebut, dengan adanya penambahan tujuh kasus, maka jumlah total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Lamandau bertambah menjadi 11 orang. Namun dua di antaranya telah dinyatakan sembuh. 

"Jumlah akumulasi kasus positif Covid-19 di Lamandau menjadi 11 orang, namun dua dintaranya telah dinyatakan sembuh, sehingga yang saat ini berstatus positif berjumlah sembilan orang," katanya. 

Hendra Lesmana menjelaskan, tambahan tujuh kasus positif Covid-19 itu diketahui berdasarkan hasil swab pertama. Pengambilan sampel swab pertama kepada 10 orang pekerja itu diambil beberapa hari setelah hasil rapid test terkonfirmasi reaktif. 

Proses rapid test kepada mereka dilakukan kala mereka sudah beberapa hari berada di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk menunggu jadwal kapal yang akan mengantar mereka ke tempat asalnya. 

Pekerja yang semula bernaung di PT Imesco itu diketahui berencana untuk pulang ke kampung halamannya karena tidak memperpanjang kontrak kerja yang telah habis, sekalipun pihak perusahaan telah menawarkan perpanjangan kontrak baru. 

Sementara atas hasil swab ini, tujuh pekerja yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang selama ini menjalani proses karantina di Mess Desa Kabupaten Lamandau itu akan dipindah sementara ke RSUD Lamandau sambil menunggu langkah selanjutnya. 
(HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru