Sekda Kalteng Ikuti Video Conference Terkait Lomba Inovasi Daerah Dalam Persiapan Tatanan New Normal

  • Oleh Nopri
  • 30 Mei 2020 - 08:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, mewakili Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, mengikuti rapat melalui video conference untuk membahas mengenai lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19, di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Palangka Raya.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan dihadiri Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Kesehatan yang diwakili Dirjen Kesehatan Masyarakat Kirana Pritasari, dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 yang diwakili Staf Ahli BNPB Komaruddin Sulaeman Simanjuntak, serta diikuti oleh kepala daerah se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut Tito Karnavian menjelaskan, untuk penyelenggaraan lomba inovasi tersebut dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 saat ini yang telah mengubah tatanan sosial dan ekonomi di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Karena penanganan Covid-19 sangat memerlukan sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah harus untuk bersama-sama menciptakan iklim atau suasana kondusif.

"Penanganan pandemi Covid-19 menjadi wahana pemerintah daerah untuk berinovasi guna menekan penularan. Beragam bentuk inovasi perlu dilakukan pada masa pandemi Covid-19," kata, Mendagri Tito Karnavian, Sabtu, 30 Mei 2020.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kegiatan tersebut guna memacu berbagai pemikiran dan kreativitas pemerintah daerah untuk itu perlu digelar lomba inovasi Tatanan Normal Baru yang produktif dan aman dari Covid-19.

"Adapun tujuan digelarnya lomba inovasi ini, pertama, mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol Covid-19 dari, oleh, dan untuk daerah. Kedua, membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali. Ketiga, membuat kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis," jelasnya.

Sedangkan untuk seluruh pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota, diharapkan dapat ikut berpartisipasi dalam lomba inovasi tersebut. Tahapan lomba dijadwalkan tahap sosialisasi pada bulan Mei, tahap pengiriman inovasi pada tanggal 1-8 Juni 2020, kemudian tahap penilaian tanggal 9-12 Juni 2020 dan tahap pengumuman pemenang tanggal 15 Juni 2020. (NOPRI/m)

Berita Terbaru