Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Alat PCR untuk Pemeriksaan Swab Covid-19 Baru Tiba di Kotawaringin Barat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 30 Mei 2020 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Alat Polymerase Chain Reaction untuk pemeriksaan swab covid-19 baru tiba di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Fachruddin, Sabtu, 30 Mei 2020 melalui pesan whatsapp, mengharapkan proses pemeriksaan swab pun bisa lebih cepat.

"PCR yang dibeli Pemkab Kobar tersebut tiba di RSUD Sultan Imanuddin , Jumat, 29 Mei 2020 malam. Saat ini petugas sedang menyiapkan ruangan untuk menempatkan alat tersebut," jelas Fachruddin.

Fachruddin yang saat ini harus melakukan karantina lantaran positif covid-19 itu mengharapkan jika alat tersebut bisa cepat beroperasi.

"Lebih cepat lebih baik. Diperkirakan sekitar 2 minggu lagi alat itu bisa fungsional. Menurut staf, PCR bakal ditempatkan di laboratorium RSSI," jelas Fachruddin.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk memeriksa swab yang diambil dari seseorang guna mengetahui apakah yang bersangkutan positif atau negatif covid-19 dilakukan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

Kemudian pasca ditutupnya penerbangan dari Kabupaten Kobar menuju daerah lain, pemeriksaan swab dilakukan di laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Setelah RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya juga memiliki PCR dan pemeriksaan swab bisa di sana Tetapi kini, di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun sudah ada PCR dan bisa dilakukan pemeriksaan swab. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru