Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Gumpa Bangun Infrastruktur dengan DD Tahap I

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Mei 2020 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Desa Gumpa, Kecamatan Dusun Timur mengalokasikan sebagian dana desa atau DD tahap I tahun 2020 untuk membangun infrastruktur.

Kepala Desa Gumpa, Salakman menjelaskan desa yang dipimpinnya menerima DD Tahap I tahun 2020 sebesar Rp 403 juta.

"Kami gunakan untuk pembangunan insfrastruktur berupa jalan usaha tani di RT 1 dan RT 5, pembangunan pagar keliling PAUD, dan pembangunan titian usaha tani," ungkapnya, Sabtu 30 Mei 2020.

Dia memaparkan pembangunan jalan usaha tani di RT 1 berupa siring timbun dengan panjang 350 meter dan lebar 1,5 meter menghabiskan dana lebih kurang Rp 130 juta.

"Jalan usaha tani siring timbun yang di RT 5 ukurannya juga sama dengan yang di RT 1 dan menghabiskan anggaran Rp 130 juta," imbuhnya.

Pembangunan pagar keliling PAUD yang berupa tembok menghabiskan anggaran sekitar Rp 52 juta. Sedangkan jembatan titian usaha tani dengan menggunakan kayu ulin ukuran panjang 16 meter dan lebar 1 meter menghabiskan anggaran sekitar Rp 16 juta.

Menurutnya kegiatan pembangunan ini semuanya melibatkan warga desa sebagai tenaga kerja.

"Ini termasuk program padat karya tunai, karena itu 30 persen dari anggaran pembangunan digunakan untuk upah pekerja," jelasnya.

Semua pembangunan ini sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. "Semoga pembangunan ini bermanfaat bagi warga, khususnya Desa Gumpa" harapnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru