Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Solok Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Sukamara Lakulan Pemulasaraan Terhadap Jenazah Pasien Pneumonia

  • Oleh Norhasanah
  • 30 Mei 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - RSUD Sukamara melakukan pemulasaraan jenazah pasien rawat inap yang meninggal, Sabtu, 30 Mei 2020. Pasien yang merupakan warga Desa Karta Mulya ini didiagnosa pneumonia.

"Pasien ini sebenarnya hanya pasien rawat inap yang didiagnosis pneumonia atau radang paru," kata Wabup Sukamara, Ahmadi.

Menurutnya, setiap pasien meninggal yang ada di rumah sakit, walau bukan karena penyakit corona virus disease, namun penatalaksanaan jenazahnya bila keluar dari rumah sakit tetap dengan pemulasaraan.

"Pasien dengan penyakit paru lainnya pun sudah kita terapkan dengan penatalaksanaan seperti ini, kalau seandainya dia meninggal," terangnya.

Ahmadi menambahkan pakaian yang digunakan untuk pemulasaraan jenazah dilakukan sesuai protokol yakni dengan pakaian yang digunakan 3 lapis.

"Pakaian ini luar biasa, ini tiga lapis, betapa sakitnya memakai pakaian ini. Jadi panasnya, berkeringat. Upaya ini baru salah satu upaya untuk penanganan, artinya kita belum mengurus pasien langsung yang terpapar Covid-19," ujarnya.

Diketahui, pasien ini tidak dikuburkan di tempat pemakaman di wilayah Kabupaten Sukamara, tapi jenazah dimakamkan jauh dari permungkiman.

Hari ini jumlah kasus virus corona di Sukamara bertambah menjadi 2 orang. Pasien merupakan masyarakat Desa Sungai Damar, Kecamatan Pantai Lunci. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru