Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Manado Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya: Obat Tradisional Dayak Mampu Tangkal Berbagai Penyakit

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Mei 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa obat tradisional Dayak yang berasal dari rempah-rempah dipercaya bisa menangkal berbagai penyakit.

"Saya sudah berkunjung ke berbagai wilayah di tanah Dayak ini dan menemukan banyak masyarakat yang masih tinggal di desa di kabupaten masih bergantung obat tradisional untuk menjaga kesehatan," katanya, Sabtu, 30 Mei 2020.

Salah satu yang masih menjaga kearifan lokal ini ialah masyarakat yang bermukim di Desa Tumbang Manggu, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan.

Di sana dirinya mendapati banyak masukan untuk dipelajari mengenai cara masyarakat melakukan pengobatan melalui obat tradisional terutama obat-obatan yang berbahan dasar rempah-rempah.

"Di masa pandemi Covid-19 ini kita mambutuhkan semua asupan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh. Tidak ada salahnya kembali ke alam, menggunakan obat tradisional seperti para orang tua kita dulu," tambahnya.

Dia mengatakan sebagai negara yang kaya akan seni dan budaya, Indonesia dihuni berbagai macam suku yang menetap disegala pelosok nusantara.

Kearifan lokal serta adat istiadatnya menjaga kelestarian alam Indonesia hingga mampu terjaga dengan baik dan mampu bersinergi dengan alam.

"Mereka yang mampu bersinergi dengan alam ini menggunakan rempah-rempah biasanya tidak hanya sebagai bumbu masakan tapi juga jamu. Namun ada beberapa jenis rempah-rempah juga dapat dijadikan obat yang mujarab. Tidak masalah kita juga mempelajari hal ini supaya tidak terus-terutan mengonsumsi vitamin keluaran pabrik, bisa gunakan rempah-rempah ini," tutur Politisi PDI Perjuangan ini. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru