Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya: Rempah Tradisional Aman untuk Dikonsumsi Anak

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Mei 2020 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dengan rencana penerapan new normal di Palangka Raya, anak-anak juga disebut akan masuk sekolah kembali. Padahal anak-anak disebut yang paling rentan, selain lansia, tertular Covid-19.

Karena itu Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto menyarankan para orang tua membiasakan anak-anaknya untuk mengkonsumsi obat tradisional yang berasal dari rempah-rempah.

"Rempah-rempah tradisional sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak sejauh pengolahannya masih murni dan tidak mengandung bahan kimia. Ini bagus untuk menjaga kesehatan anak-anak kita, terutama dengan rencana new normal ini semua sektor kehidupan akan mulai kembali berjalan normal," katanya, Sabtu, 30 Mei 2020.

Rempah-rempah menurut Sigit bisa berasal dari biji, akar, daun, bunga, kuncup, kulit, atau buah dari tanaman.

"Saat ini kemajuan teknologi internet dengan kemampuannya menembus batas-batas geografis, bahkan dunia pun tak berjarak, diharapkan bukan sebagai penghalang untuk tetap menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang kita miliki. Menebarnya informasi tentang pola kehidupan budaya Barat, Timur, dan berbagai macam asal dan bentuknya, seakan meretas dan membongkar akar budaya bangsa yang notabene adalah budaya Timur," harapnya.

Selain digunakan masyarakat sebagai bumbu dasar, rempah-rempah yang tinggi kandungan antioksidan dan anti inflamasinya dipercaya masyarakat Kalteng terutama suku Dayak dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

"Untuk itu mulai saat ini saya berharap kepada masyarakat meningkatkan kesadaran akan besarnya manfaat dari rempah-rempah yang dijadikan sebagai obat tradisional, terutama untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang belum kita tahu kapan akan selesainya ini," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru