Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

102 Daerah Penuhi 11 Indikator Aman Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 30 Mei 2020 - 22:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada 11 indikator dalam menentukan daerah yang bisa kembali beraktivitas ekonomi yang produktif dan aman selama wabah Covid-19.

“Sesuai rekomendasi WHO, kami gunakan kriteria epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan,” kata Wiku dalam konferensi pers di akun Youtube BNPB hari ini, Sabtu, 30 Mei 2020.

Berdasarkan 11 indikator ini 102 kabupaten/kota dinyatakan berada dalam zona hijau atau tidak terdampak Covid-19. Sedangkan 139 daerah lainnya memiliki risiko rendah dan dinyatakan sebagai zona kuning.

Selanjutnya 180 kabupaten/kota termasuk zona oranye atau risiko sedang, dan 85 daerah dengan risiko tinggi berada di zona merah.

Wiku menerangkan 11 indikator itu mencakup penurunan jumlah kasus positif, orang dalam pemantauan, dan pasien dalam pemantauan selama 2 pekan, sejak puncak terakhirnya dengan target lebih dari 50 persen untuk setiap daerah.

Penurunan jumlah meninggal dari kasus positif, maupun ODP dan PDP. Kemudian penurunan jumlah kasus positif, ODP, dan PDP yang dirawat di rumah sakit.

Indikator berikutnya adalah kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif, kenaikan jumlah selesai pemantauan ODP dan PDP.

Selanjutnya jumlah pemeriksaan spesimen meningkat selama 2 pekan, sampel yang positif kurang dari 5 persen, dan angka reproduksi efektif kurang dari 1. (TERAS.ID)

Berita Terbaru