Sembuh, 18 Pasien Terpapar Covid-19 Dirawat di Hotel Katingan Diizinkan Keluar

  • Oleh Abdul Gofur
  • 31 Mei 2020 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 18 pasien yang sebelumnya dirawat dan diisolasi di Hotel Katingan karena terpapar Covid-19 diizinkan keluar dan pulang ke kampung halamannya masing-masing oleh tim gugus tugas Covid-19.

Sekretariat gugus tugas Covid-19 yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga, Minggu, 31 Mei 2020 membenarkan hal ini.

Menurutnya, ke 18 pasien itu telah keluar dari Hotel Katingan pada Sabtu, 30 Mei 2020 kemarin.

"Ada 18 orang pasien yang diisolasi di Hotel Katingan telah keluar dan kembali ke daerah masing-masing kemarin," ujar Eka Suryadilaga.

Menurutnya, untuk transportasi pasien tersebut dibantu menggunakan bis ke arah Desa Dahian Tunggal Kecamatan Pulau Malan dan mobil peralatan BPBD ke arah Kereng Pangi.

Menurutnya, dari 18 pasien tersebut, 16 pasien dinyatakan sehat dengan hasil swab negatif.

Sementara 1 pasien dua kali swab negatif, namun swab terakhir positif. 

Sedangkan 1 pasien  lainnya tiga kali swab tetap menunjukkan status positif covid-19.

"Penanganan kedua orang ini setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis paru tidak menunjukkan sakit artinya dalam keadaan sehat dan yang bersangkutan  menginginkan dan besikeras untuk pulang kembali ke keluarganya," ucapnya. 

Setelah mengalami perdebatan yang cukup panjang maka diputuskan untuk diperbolehkan ikut pulang dengan berbagai macam sarat.

Kedua orang tersebut membuat pernyataan bersedia mengikuti swab berikutnya dan mengisolasikan diri secara ketat di rumahnya masing-masing.

Berita Terbaru