Koramil Tumbang Jutuh Bersama Polsek Rungan Patroli Titik Hotspot di Desa Tumbang Rahuyan

  • Oleh Rokim
  • 31 Mei 2020 - 13:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Koramil 1016-05 Tumbang Jutuh bersama Polsek Rungan patroli ke titik hotspot menuju koordinat lintang -1.1325525, bujur 113.5205383 di Desa Tumbang Rahuyan, Kecamatan Rungan Hulu, Kabupaten Gunung Mas, Minggu 31 Mei 2020.

Danramil 1016-05 Tumbang Jutuh Kapten Cba Dudi Budianto mengatakan patroli ini guna dalam rangka penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Dalam giat ini personel yang terlibat terdiri dari 2 anggota Koramil, 2 anggota polsek, dan 1 warga. Dengan jarak tempuh sekitar 70 Km dari Koramil dengan menggunakan jalur darat sekitar 2,5 jam.

Untuk menuju ke lokasi tidak mudah, karena medan yang dilewati cukup berat dan tidak adanya sinyal telepon menuju ke lokasi hotspot.

Setibanya di lokasi sesuai koordinat yang ada, dengan kondisi licin akibat hujan lebat mengguyur Desa Tumbang Rahuyan, sehingga api sudah padam.

Budianto mengatakan menurut keterangan warga sekitar lokasi, api berasal dari ladang semak belukar yang sengaja dibakar oleh pemilik lahan. Saat ini pelaku masih dalam pencarian dan penyelidikan oleh Polsek Rungan dan Babinsa Koramil Tumbang Jutuh.

Danramil menegaskan akan menindak tegas bagi setiap warga yang membakar hutan dan lahan dengan sengaja.

"Koramil bersama Polsek akan selalu menekankan kepada seluruh warga tentang larangan keras membakar hutan dan lahan. Sanksi pidana maksimal 15 tahun dan denda akan menanti bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan," tandasnya. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru