Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nasib Liga Indonesia: Restart di EPL dan Slow Start di Sini

  • Oleh Teras.id
  • 31 Mei 2020 - 15:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bisakah divisi tertinggi di Liga Indonesia dan liga-liga di bawahnya digelar lagi serta apalah Piala Dunia U-20 tetap bisa dilaksanakan di Indonesia pada 2021

Sejauh ini, seperti aman-aman saja, dengan pengurus PSSI sudah menghadap Menteri Pemuda Olahraga pada masa pandemi virus corona dan menyinggung soal lanjutan persiapan pergelaran Piala Dunia U-20 pada 2021 di Indonesia.

PSSI juga di situs mereka menjamin bahwa mereka sedang mengusahakan solusi terbaik buat Liga 1 musim ini yang baru menjalani sejumlah pertandingan ketika pandemi datang dan Liga 2 yang baru dimulai.   

Tapi, bila melihat begitu dahsyatnya efek pandemi virus corona ini buat kegiatan olahraga di dunia dan betapa sudah jauh langkah Liga Primer Inggris (EPL) dalam proyek Restart mereka, sebagaimana Liga Italia dan La Liga jatuh-bangun merumuskan konsep, di Liga Indonesia terkesan masih adem ayem saja.

Baru pembicaraan tahap awal di sini, ketika 20 klub di Liga Primer Inggris dan pengelolanya sudah habis-habisan berdebat, bertengkar, dan merumuskan langkah-langkah protokol kesehatan yang nyata.

Menteri Kebudayaan Inggris yang membawahi semua kegiatan keolahragaan di sana sudah melakukan sejumlah langkah-langkah penting untuk memberikan rujukan buat Liga Primer dalam melaksanakan proyek Restart mereka.

Di sini, tentu saja kita berharap ada langkah yang jauh lebih progresif dari kementerian terkait bagaimana sebaiknya menyikapi pandemi virus corona dan wujud nyata dari protokol kesehatan. Ini yang dibutuhkan lebih dari sekadar anjuran agar Liga Indonesia mengikuti langkah-langkah Bundesliga Jerman.

Padahal kegiatan olahraga di sini tak hanya sepak bola, ada sirkuit bulu tangkis, bola voli, liga bola basket, dan lainnya.

Jika Olimpiade Musim Panas Tokyo yang digeser dari 2020 ke 2021 kini disiapkan bisa batal jika pandemi virus corona masih susah diatasi, kemudian pergeseran sepak bola Piala Eropa, Euro 2020 ke 2021, tentu naif kalau dibilang tidak ada kaitannya dengan agenda Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Liga Primer Inggris yang mengalami revitalisasi sejak 1992 tentu tidak bisa dibandingkan setara dengan PT Liga Indonesia Baru yang mengelola Liga 1, Liga 2, dan jajaran di bawahnya. Tapi, pandemi virus corona ini memerlukan antisipasi yang sigap dan sangat profesional untuk memutuskan menyudahi atau melanjutkan lagi liga musim 2020 ini.

Berita Terbaru