Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distan Barito Timur Dukung Petani di Paku Kembangkan Ubi Kayu

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 31 Mei 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi menyambut baik dan mendukung petani yang mengembangkan tanaman singkong atau ubi kayu.

"Kita menyambut baik swadaya petani di Kecamatan Paku yang mencoba menanam ubi kayu, meski lahannya tidak terlalu besar tapi mereka melihat peluang," kata Riza Rahmadi saat meninjau lahan ubi kayu milik anggota kelompok tani Mekar Sari II di Desa Runggu Raya, Minggu 31 Mei 2020.

Dia menilai diversifikasi budidaya pertanian selain padi dan jagung dapat mendukung ketahanan pangan terutama saat pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir.

Selain itu, budidaya ubi kayu memiliki peluang pasar yang menjanjikan karena daerah lain ada telah mengekspor ubi kayu dalam bentuk segar.

"Ubi kayu ini bukan hanya pasar lokal, di daerah lain singkong segar yang telah dikupas, dikemas dan dibekukan kemudian diekspor," ungkapnya.

Riza meminta agar penyuluh pertanian terus mendampingi petani dan menginventarisir pengembangan ubi kayu di wilayah setempat.

"Peluang seperti ini kita dukung, kalau peluangnya besar nanti kita kembangkan lagi di wilayah lain," pesannya.

Sementara itu, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Paku, Asbel Serep mencoba mengkalkulasi keuntungan yang didapat dari setiap hektar kebun ubi kayu.

Menurutnya, jika dari 1 pokok ubi kayu bisa menghasikan 5 kilogram dengan jarak tanam 1x1 meter dan dijual paling murah Rp 1.000 per kilogram maka dalam satu hektar dapat diperoleh paling sedikit hasil penjualan sebesar Rp 50 juta.

"Kita akan dampingi dan mendukung petani agar berhasil," jelas Asbel. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru