Masjid Al Aqsa Akhirnya Dibuka Kembali Setelah 2 Bulan Tutup

  • Oleh Teras.id
  • 31 Mei 2020 - 23:15 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pada Minggu, 31 Mei 2020, umat Muslim memasuki kompleks Yerusalem untuk sholat subuh, setelah berminggu-minggu penutupan untuk memperlambat penyebaran pandemi.

Kompleks Masjid Al Aqsa Yerusalem telah dibuka kembali untuk jamaah dan pengunjung setelah lebih dari dua bulan penutupan, karena pandemi virus corona.

Diberitakan Al Jazeera, Dewan Wakaf Islam, yang mengawasi situs-situs Muslim di kompleks itu, mengutip penyebaran virus lokal yang melambat, yang mendorong pembukaan kuncian pada hari Minggu.

Namun dewan yang ditunjuk Yordania tersebut, juga memberlakukan beberapa tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko penularan di situs tersuci ketiga Islam. Para jamaah harus mengenakan masker wajah dan membawa sajadah pribadi, jika mereka ingin salat di masjid atau alasan lainnya.

Mereka juga disarankan membaca "Allahu Akbar (Tuhan Maha Besar), kami akan melindungi Al Aqsa dengan jiwa dan darah kami". Saat pembukaan puluhan Muslim berkumpul di depan pintu kayu besar, di mana mereka disambut oleh Direktur Masjid Umar al-Kiswani, yang berterima kasih atas kesabaran umat Islam.

"Setelah mereka membuka masjid, saya merasa bisa bernafas lagi. Syukur kepada Tuhan," kata warga Yerusalem Umm Hisham melalui masker wajah, matanya terbuka lebar, setelah memasuki kompleks untuk salat Subuh.

Dimulainya kembali ibadah tersebut, mengakhiri periode suram bagi umat Muslim di Yerusalem, yang tahun ini menandai bulan puasa Ramadan dan liburan Idul Fitri tanpa kunjungan harian mereka, yang biasa ke Masjid Al-Aqsa dan Kubah Batu yang bersebelahan.

Itu juga mengikuti hari yang penuh kesibukan di Yerusalem Timur yang diduduki. Polisi Israel pada hari Sabtu, 30 Mei 2020, menembak mati seorang warga Palestina yang cacat, dengan mengatakan mereka mencurigai dia membawa pistol. Ternyata, tidak bersenjata.

Pembunuhan itu - yang terjadi di Kota Tua yang bertembok dekat Gerbang Lions, sebuah titik akses yang terutama digunakan oleh Palestina - memicu kecaman keras dari Palestina.

Kompleks Masjid Al-Aqsa telah ditutup pada bulan Maret sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membatasi penyebaran Covid-19, penyakit pernapasan yang sangat menular yang disebabkan oleh virus corona baru.

Umat Islam menghormati situs itu, meyakini bahwa Nabi Muhammad naik ke surga dalam perjalanan Isra-Miraj -- sebuah perjalanan malam yang ajaib, dan itu sering menjadi titik panas dalam konflik Israel-Palestina.

Berita Terbaru