Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PBNU Terbitkan Protokol Ibadah di Masjid saat Masa New Normal

  • Oleh Teras.id
  • 01 Juni 2020 - 08:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menyusun protokol beribadah di tempat ibadah saat masa kenormalan baru atau new normal.

"Kami sudah bikin protokol sendiri, sudah mulai disosialisasikan kepada masyarakat," ujar Ketua PBNU Marsudi Syuhud saat dihubungi pada Minggu, 31 Mei 2020.

Marsudi menuturkan, masyarakat yang akan berangkat ke masjid, harus dalam kondisi kesehatan yang fit. Jika merasa kurang sehat, maka tidak diperkenankan beribadah di masjid.

Para warga dianjurkan untuk membawa peralatan salat, seperti sajadah atau mukena, sendiri. "Jangan lupa pakai masker, dan usahakan sudah wudhu dari rumah," ucap Marsudi. Kemudian, ketika berada di dalam masjid, masyarakat harus tetap menjaga jarak antar satu sama lain.

Sementara untuk pengurus masjid, diwajibkan untuk membersihkan ruangan dan menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin ketika masjid akan dan sesudah digunakan. Ia juga mengimbau agar pengurus harus bersikap tegas dalam mengatur jarak antar jamaah.

"Agar tidak saling berdempetan atau menumpuk satu sama lain, jadi petugas masjid harus disiplin mengatur jarak jamaah," kata Marsudi.

Kendati demikian, Marsudi mengingatkan, masjid baru boleh dibuka untuk umum jika daerah tersebut termasuk dalam zona hijau. Begitu pun daerah tetangga di sekitarnya.

"Untuk itu pemerintah harus punya datanya, mana zona yang hijau, kuning, merah. Ketika sudah hijau, masjid bisa dilakukan untuk jumatan atau salat berjamaah. Pastikan juga daerah tetangga," ucap Marsudi. (TERAS.ID)

Berita Terbaru