Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini UTBK dan SBMPTN Berbarengan, Pendaftaran Mulai Besok

  • Oleh Teras.id
  • 01 Juni 2020 - 09:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini berbeda dari tahun sebelumnya, yakni pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah UTBK.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih mengumumkannya dalam sosialisasi secara daring pada Minggu, 31 Mei 2020. Dia mengatakan kalau pada tahun ini, nilai UTBK tidak diumumkan terlebih dahulu. Melainkan langsung digunakan untuk seleksi SBMPTN.

"Kalau tahun lalu nilai keluar baru daftar SBMPTN, jadi guru bisa memberikan masukan pada siswa. Sedangkan pada tahun ini tidak bisa lagi seperti itu," kata dia menerangkan. 

Oleh karena itu, Nasih melanjutkan, peserta perlu sungguh-sungguh mempersiapkan diri menghadapi ujian dan cermat membuat pilihan program sudi dan kampus yang dituju. Dia menyarankan peserta terlebih dahulu mengukur kemampuannya sendiri.

"Sejak awal ukur kemampuan diri. Memang ada faktor keberuntungan namun dengan UTBK akan terlihat kemampuan siswa," kata Rektor di Unversitas Airlangga Surabaya itu.

Nasih menjelaskan, LTMPT membuat perubahan pada tahun ini karena kondisi pandemi Covid-19. Kondisi tersebut memaksa pendaftaran UTBK dan SBMTPN dibarengkan untuk memangkas proses dan menjadikannya lebih ringkas dan singkat.

UTBK rencananya akan diselenggarakan di 74 kampus Perguruan Tinggi Negeri. Pendaftaran telah ditetapkan 2-20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan ujiannya 5-12 Juli mendatang. Sementara pengumuman hasil UTBK akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

Pelaksanaan UTBK, disebutkan Nasih, menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap peserta yang akan mengikuti UTBK wajib mengenakan masker dan harus dalam kondisi sehat serta mengikuti prosedur pemeriksaan.

"Terdapat sejumlah prosedur yang harus dipatuhi peserta, mulai dari saat masuk ruang ujian, saat ujian dan setelah ujian," katanya.

TERAS.ID

Berita Terbaru