Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Melalui Video Teleconference

  • Oleh Uriutu
  • 01 Juni 2020 - 15:45 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pemkab Barito Selatan mengikuti upacara hari lahir Pancasila 1 Juni 2020 melalui video teleconference di aula Setda Barsel. Senin, 1 Juni 2020.

Dalam upacara yang disiarkan secara langsung melalui video teleconference, Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai pembina upacara.

Sekda Barsel, Eddy Purwanto mengatakan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan secara resmi di tempat terbuka.

Tapi kali ini, dilaksanakan dengan peserta terbatas mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Ia mengatakan, pancasila selain sebagai dasar negara, juga merupakan pedoman hidup yang sempurna.

“Intinya Pancasila ini menjadi pedoman hidup kita. Pancasila menjaga hubungan kemanusiaan kita, sosial kita bagus kemudian hubungan religi serta hubungan dengan alam,” kata Eddy Purwanto.

Ia juga menyampaikan, implementasi dari nilai Pancasila sangat penting untuk diterapkan saat ini di masa pandemi Covid 19.

“Kita hari ini perlu kebersamaan antar manusia untuk memutus mata rantai virus corona, perlu gotong-royong, perlu empati kepada orang yang susah itu harus dilakukan,” ucap dia.

Ia menambahkan, nilai Ketuhanan Yang Maha Esa memunculkan rasa empati serta berdoa dan seterusnya termasuk lingkungan harus dijaga dengan baik.

“Jadi intinya hari lahir Pancasila ini menjadi pedoman hidup kita tidak sekedar pedoman tapi benar-benar implementasi,” ucap dia. (URIUTU  DJAPER/B-7)

Berita Terbaru