Gubernur Kalteng Minta Bupati/Wali Kota Siapkan Pra-Kondisi Secara Memadai Sambut New Normal

  • Oleh Nopri
  • 02 Juni 2020 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menginstruksikan kepada bupati/wali kota untuk mulai mempersiapkan pra-kondisi secara memadai sebelum penerapan new normal.

Hal itu terkait keputusan Pemerintah Pusat sudah memberikan izin kepada 102 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk mempersiapkan memulai tatanan kehidupan baru masyarakat produktif dan aman Covid-19 salah satunya yang akan berlaku di Kabupaten Sukamara.

Kabupaten Sukamara merupakan daerah yang masuk zona hijau Covid-19, dan mengalami penurunan atau daerah yang lolos standar new normal dari WHO. Syarat angka reproduksi wabah menjadi syarat mutlak yang ditetapkan pemerintah.

"Tolak ukurnya adalah angka reproduksi Ro pada waktu t (Rt) atau angka Reproduksi harus dibawah satu," kata, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, 2 Juni 2020.

Gubernur juga minta pemerintah Kabupaten/Kota yang lain agar bersinergi dalam menurunkan Rt Covid-19 di masing-masing daerah sehingga bisa berada pada angka dibawah satu,  untuk dapat menerapkan tatatan kahidupan baru masyarakat produktif dan aman Covid-19.


Selain itu, berdasarkan analisis yang dilakukan, Kabupaten/Kota yang nilai Rt-nya masih diatas angka satu yaitu Kota Palangka Raya 1,25, Kabupaten Kotawaringin Barat 1,66, Kabupaten Kapuas 9,75, dan Kabupaten Lamandau 13,55. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru