Pengolahan Padi Modern Akan Dukung Pulang Pisau Sebagai Penyanggah Pangan Nasional

  • Oleh James Donny
  • 02 Juni 2020 - 11:25 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Akan adanya pengembangan fasilitas pengolahan padi secara modern yang diprogramkan oleh pemerintah pusat di Kabupaten Pulang Pisau menjadi salah satu fasilitas yang akan mendukung Kabupaten Pulang Pisau sebagai penyanggah pangan nasional. 

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo mengatakan telah memaparkan potensi Pulang Pisau yang akan dibangun tersebut dengan direktur pengadaan Perum Bulog.
 
"Ini menjadi peluang kita agar hasil produksi dan pemasaran bisa terintegrasi dengan program dari pemerintah pusat tersebut melalui Bulog," kata Edy. 

Untuk persiapan program mesin pengolahan modern dari pemerintah pusat tersebut, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau sudah menyediakan lahan seluas empat hektar. 

"Lahan empat hektar sudah dibebaskan sekarang sedang dalam proses sertifikasi," ujar Edy. 

Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, terang Edy, hanya menyiapkan lahan saja. Selanjutnya untuk bangunan dan integrasi terkait dengan produksi dan pemasaran akan dilaksanakan oleh Bulog. 

"Mudahan dengan ada pabrik ini dalam waktu cepat, akan menjawab tantangan-tantangan yang kita hadapi dalam soal pemasaran," harapnya. 

Program pengolahan padi modern dari Pemerintah Pusat tersebut rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Katingan. 

Dengan ada pengolahan padi secara modern ini ujar Edy akan mengubah dari agro industri menjadi agro bisnis.  

Bupati mengatakan Kabupaten Pulang Pisau memiliki sektor unggulan di bidang pertanian dengan potensi yang sangat besar serta dukungan lahan yang cukup luas untuk pengembangan tersebut. (JAMES DONNY/m) 

 
 

Berita Terbaru