Hasil Kunjungan Lapangan Untuk Bahas LKPj Bupati Kotim

  • Oleh Naco
  • 02 Juni 2020 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - DPRD Kotawaringin Timur sudah menyampaikan hasil kegiatan kunjungan lapangan untuk membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPj Bupati Kotim Tahun Anggaran 2019. 

Ada sejumlah point perbaikan dan rekomendasi yang diajukan DPRD ke Bupati Kotim. Hal  ini untuk pemerataan dan pembangunan yang berkeadilan.

“Hendaknya rekomendasi perbaikan yang kami sampaikan ke rekan eksekutif itu bukan hanya sekadar jadi bungkus kacang tetapi harus jadi acuan perbaikan pembangunan kedepannya, itu yang kami inginkan," kata Wakil Ketua DPRD Kotim, H. Rudianur.

Rudianur mengakui dengan begitu, maka eksekutif bisa melaksanakan roda pembangunan yang baik. Dengan rekomendasi itu agar pemerintah tidak terjerumus ke lubang yang sama di setiap pelaksanaan roda pembangunan di daerah.

Rekomendasi yang disampaikan itu diantaranya pemerintah kabupaten diminta meningkatkan sarana infrastruktur pedalaman.

Kotim terdiri 168 desa dan kelurahan di 17 kecamatan sehingga pembangunan jangan hanya dipusatkan di perkotaan.

Pemerataan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik serta penyediaan rumah dinas tenaga kesehatan dan tenaga pendidik juga harus menjadi prioritas.

Terkait jumlah pegawai, melalui kajian dari beberapa kali kunjungan kerja di lapangan ditemukan tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan masih dalam rasio kewajaran. Diperlukan tekad yang lebih dari kepala daerah untuk pemerataan tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan.

Pemerintah kabupaten juga didorong meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi masyarakat, meningkatkan sumber daya manusia, serta meningkatkan pertanian dari semua sektor.

Dalam hal pertanian, pemerintah daerah diharapkan tidak hanya fokus pada penyediaan lahan tetapi juga meningkatkan pendampingan dalam pengelolaan hasil-hasil pertanian sehingga masyarakat petani bisa menikmati hasil pertaniannya.

Berita Terbaru