Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rapid Test Pengaruhi Meningkatnya Jumlah PDP di Pulang Pisau

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 03 Juni 2020 - 11:45 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dugaan covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau mengalami turun naik. Turun naiknya jumlah PDP ini salah satunya dipengaruhi pemeriksaan rapid test yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Pulang Pisau. 

Juru bicara gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo mengatakan, rapid test ini merupakan salah satu langkah pencegahan penyebaran covid-19. Pihaknya mengakui jika rapid test ini mempengaruhi jumlah PDP di Pulang Pisau.

"Inikan sudah cukup banyak yang kami rapid tes. Mulai dari semua anggota Poslap sampai para pedagang," kata Muliyanto, Rabu, 3 Juni 2020. 

Lanjut Mul, otomatis peserta rapid test yang hasilnya reaktif ini akan langsung berstatus PDP. Kemudian, mereka juga wajib langsung dikarantina sembari menunggu hasil swab keluar. 

"Syukurnya untuk swab ini hasilnya kita tak lagi harus menunggu lama. Karena di Palangka Raya sudah bisa melakukan test swab. Jadi dalam waktu dua hari saja sudah bisa keluar," beber Mul. 

Pria yang juga menjabat kepala Dinkes Kabupaten Pulang Pisau ini menegaskan, PDP yang reaktif dari hasil rapid test ini bukan orang yang positif virus corona. Karena positif atau tidak itu diketahui setelah hasil swab keluar. 

"Beberapa hari yang lalu juga ada beberapa orang PDP itu ketika diswab hasilnya negatif. Karena rapid test ini sifafnya ketika imun tubuh baik, maka kemungkinan yang bersangkutan reaktif," jelas Muliyanto. (M.BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru