Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Volume Pengerjaan Jalan Kuala Pembuang-Segintung Sebut Dikurangi, Dalihnya Agregat B Habis untuk Tutupi Lobang

  • Oleh Naco
  • 03 Juni 2020 - 11:55 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Volume pengerjaan jalan Kuala Pembuang-Segintung, Kabupaten Seruyan disebut dikurangi panjangnya dengan alasan agregat B habis untuk menutupi lobang jalan.

Itu terungkap dalam sidang gugatan perdata yang dilayangkan Pemkab Seruyan kepada PT Surya Adhi Perkasa dari keterangan konsultan pengawas Setedi, Rabu, 3 Juni 2020.

Menurutnya pekerjaan jalan menuju akses ke pelabuhan pada 2018 itu menurutnya yang dilakukan yakni agregat A, B dan aspal.

Dalam kontrak awal sepanjang 20.908 meter. Kemudian dilakukan addendum hingga panjangnya dikurangi jadi 11.475 meter dengan nilai kontrak yang sama.

"Saat itu Pak Pj (Bupati), minta agar kekuatan jalan mampu untuk beban 10 ton, hingga kita ada melakukan ekspos," kata saksi dari tergugat itu.

Dalam ekspos lanjut saksi, akhirnya disepakati lebar dan tebal jalan ditambah akan tetapi panjang jalan dikurangi sebagaimana addendum yang dilakukan.

"Agregat B saat itu 2.100 meter kubik sekian. Itu habis untuk menutupi lobang," tukasnya dihadapan hakim yang diketuai AF Joko Sutrisno.

Konsultan tersebut menyebutkan pembangunan jalan itu dilakukan sebagaimana yang tercantum dalam kontrak.

Pemkab Seruyan melakukan gugatan wanprestasi itu lantaran adanya kelebihan pembayaran sebesar Rp 6.232.365.818,72 itu berdasarkan hasil temuan BPK RI padahal sebelumnya proyek itu didampingi TP4D dari pihak Kejaksaan. (NACO/B-5)

Berita Terbaru