Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rejang Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengambilan Swab Bagi Orang Kontak Erat Pasien Covid-19 Desa Karang Sari, Bakal Digelar Kamis Ini

  • Oleh Wahyu Krida
  • 03 Juni 2020 - 13:50 WIB

 

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rencananya, Kamis, 4 Juni 2020 bakal dilakukan pengambilan swab pada orang yang kontak erat pasien covid-19 di Desa Karang Sari, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar dr. Jhonferi Sidabalok, Rabu, 3 Juni 2020 menjelaskan terkait kegiatan tersebut.

"Berdasarkan data yang ada rencananya pengambilan swab dilakukan untuk 56 orang kontak erat pasien positif covid-19 berdasarkan hasil tracking. Jumlah tersebut masih ada kemungkinan bertambah, tergantung hasil tracking petugas dilapangan," jelas Jhonferi Sidabalok.

Menurut Jhonferi Sidabalok, rencananya kegiatan tersebut bakal dilakukan di Puskesmas Karang Mulya Kecamatan Pangkalan Banteng.

"Kemarin juga sudah dilakukan pengambilan swab terhadap 18 orang kontak erat dari desa tersebut," jelas Jhonferi Sidabalok.

Jhonferi Sidabalok juga menjelaskan terkait kuota pengambilan swab dari laboratorium rujukan.

"Untuk pengiriman swab ke laboratorium RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya,  hanya di batasi 10 sampel per kabupaten perhari. Setiap pengiriman hanya 30 - 40 sampel swab saja," jelas Jhonferi Sidabalok.

Kemudian, lanjut Jhonferi Sidabalok, waktu penerimaan sampel berdasarkan kesepakatan yaitu setiap hari Selasa dan Jumat di palangkaraya.

"Karena itulah kami melakukan pengambilan swab pada hari Senin dan Kamis. Hal ini dilakukan lantaran laboratorium pemeriksaan swab di Kobar masih belum ada. Sehingga untuk efisiensi swab yang diambil kami kirimkan ke dua laboratorium yaitu di Palangka Raya dan Banjarbaru, Kalsel," jelas Jhonferi Sidabalok.(WAHYU KRIDA/m)

 

Berita Terbaru