Pasien Positif Covid-19 dan Pasien Sembuh di Lamandau Masing-Masing Bertambah 1 Orang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 03 Juni 2020 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lamandau bertambah lagi satu orang, begitupun dengan pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah satu orang.

"Hari ini ada ada tambahan kasus positif dan juga ada tambahan pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh, tambahan masing-masing berjumlah satu orang," ungkap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamandau H Hendra Lesmana, 3 Juni 2020.

Adanya penambahan satu kasus positif Covid-19 tersebut diketahui berdasarkan hasil swab test mandiri. Ia merupakan warga luar Kabupaten Lamandau yang beberapa pekan terakhir tinggal di rumah orang tuanya di Desa Mekar Mulya (SP 6), Kecamatan Sematu Jaya.

"Kasus positif dengan nomor kasus 14 ini diketahui positif Covid-19 berdasarkan swab test mandiri. Sebelumnya yang bersangkutan dinyatakan reaktif berdasarkan dua kali rapid test yang dijalani," katanya. 

Berdasarkan data yang didapat gugus tugas kabupaten Lamandau warga dengan kasus nomor 14 itu semula berencana pulang ke kampung halamannya dengan menggunakan Kapal penumpang dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar). Karena calon penumpang harus mengantongi surat keterangan bebas Covid-19 maka yang bersangkutan menjalani rapid test secara mandiri di Pangkalan Bun, hasilnya reaktif. 

"Karena hasil rapid test pertamanya reaktif, yang bersangkutan juga melakukan rapid test kedua yang juga hasilnya reaktif. Mengingat dua kali rapid test-nya reaktif, yang bersangkutan juga mengikuti saran pihak rumah sakit di Pangkalan Bun untuk diambil sampel swab mandiri sekira tanggal 17 Mei 2020 lalu, dan hasil swab test mandirinya baru keluar beberapa hari lalu, hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19," kata Hendra.

Sementara itu, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh yakni pasien dengan nomor kasus 03. Pasien tersebut merupakan klaster Temboro yang selama ini dirawat di RSSI Pangkalan Bun. 

"Alhamdulillah satu pasien positif (Covid-19) yang selama ini dirawat di RSSI Pangkalan Bun telah dinyatakan sembuh. Sehingga hari ini telah diperbolehkan pulang," kat Hendra. 

Pasien tersebut dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah dua kali hasil swab test-nya terkonfirmasi negatif.

Dengan adanya penambahan satu kasus positif baru dan satu pasien positif dinyatakan sembuh itu, kata Hendra Lesmana, jumlah kasus positif Covid-19 di Lamandau bertambah menjadi 14 kasus, tiga diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Selain itu, jumlah warga kategori orang dengan resiko (ODR) 25 orang, orang tanpa gejala (OTG) 110 orang, orang dalam pemantauan (ODP) tidak ada, pasien dengan pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 1 orang dengan keterangan meninggal dunia.  (HENDI NURFALAH)/m

Berita Terbaru