Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

350 Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya di Barito Timur Mulai Dikerjakan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Juni 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 350 paket Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR untuk Kabupaten Barito Timur mulai dikerjakan.

Kasi Pertanahan dan Penataan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Barito Timur, Supian Effendi menjelaskan program BSPS ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 6 tahun 2013.

"Yaitu terbangunnya rumah yang layak huni oleh masyarakat berpenghasilan rendah," kata Supian di Tamiang Layang, Rabu 3 Juni 2020.

Dia menjelaskan, program ini meliputi peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru dilihat dari kualitas atap, lantai, dan dinding rumah agar memenuhi syarat kesehatan, keselamatan, serta kenyamanan.

"Pada tahun 2020 Kabupaten Barito Timur mendapatkan program BSPS sebanyak 350 unit yang tersebar di 4 kecamatan," ungkap Supian.

Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Raren Batuah, tepatnya di Desa Unsum sebanyak 60 unit, Kecamatan Dusun Tengah yang tersebar Kelurahan Ampah Kota dan Desa Rodok sebanyak 50 dan 40 unit.

Selanjutnuya, Kecamatan Pematang Karau tersebar di Desa Kupang Bersih dan Desa Bararawa sebanyak 60 dan 50 unit, dan terakhir di Kecamatan Dusun Timur yang tersebar di Kelurahan Tamiang Layang 50 unit dan Desa Magantis 40 unit.

"Penyaluran BSPS kepada warga penerima dilakukan dalam bentuk barang dalam 2 tahap," imbuh Supian.

Dia mengungkapkan, setiap keluarga menerima BSPS senilai Rp 17,5 juta. Rinciannya, Rp 15 juta dialokasikan untuk pembelian bahan material bangunan, sedangkan sisanya Rp 2,5 juta untuk upah tukang yang mengerjakan rumah tersebut. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru