Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendala untuk Atasi Permasalahan Sampah Tidak Ringan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 03 Juni 2020 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kota Palangka Raya dari PDI Perjuangan, Nenie A Lambung mengatakan kendala yang dihadapi dalam mengatasi permasalahan sampah tidaklah ringan.

"Salah satunya terkait masih rendahnya kesadaran bersama untuk melakukan upaya-upaya pengelolaan lingkungan secara terpadu dan swakelola," kata Nenie pada Rabu, 3 Juni 2020.

Kendala lainnya, kata Nenie, belum sadarnya masyarakat untuk mengurangi dan memilah sampah dari sumbernya, dari lingkungan rumah tangganya masing-masing.

"Lalu kendala masih terbatasnya kemampuan pemerintah daerah untuk menyiapkan tempat pengelolaan sampah secara terpilah juga jadi kendala. Makanya saya katakan tidak ringan kendala yang harus dihadapi," tutur Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini.

Meski begitu, Nenie berharap agar pemerintah terus mengembangkan kerjasama kemitraan dan partisipasi masyarakat di bidang pengelolaan sampah. Caranya, dengan menumbuhkan dan mengaktifkan kembali beberapa bank dan depo sampah yang belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Sehingga residu sampah yang masuk ke TPA dapat dikurangi melalui upaya-upaya tersebut. Dengan cara-cara seperti itu, saya yakin ke depan permasalahan sampah dapat segera diatasi," tutup Nenie. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru