Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Binaan Rutan Tamiang Layang Dilatih Berkebun

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 03 Juni 2020 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Warga binaan Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Tamiang Layang mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan dan salah satunya bercocok tanam atau berkebun.

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai persiapan mandiri bagi warga binaan jika kelak sudah selesai menjalani hukuman, selain untuk memenuhi ketahanan pangan.

"Mereka diajarkan berinovasi bagaimana melakukan revolusi kemasyarakatan di Rutan, selain menjadikan Rutan sebagai tempat pelayanan, pembinaan dan bimbingan bagi tahanan," ungkap Kepala Rutan Kelas IIB Tamiang Layang, Wahyudi, Rabu 3 Juni 2020.

Menurutnya, Rutan menyiapkan lahan seluar 700 meter persegi yang terletak di samping Rutan Tamiang Layang dan para tamping perkebunan yang menggarap dan mengelolanya dengan didampingi petugas Rutan yang bertanggung jawab.

Tamping adalah para narapidana yang dipercaya dan seolah dipekerjakan di Rutan. "Lahan seluas 700 meter persegi ini untuk menanam pisang dan pepaya california," jelasnya.

Selain menanam pisang dan pepaya, nanti juga akan diselipkan tanaman lain untuk mendukung ketahanan pangan seperti cabe, tomat dan sayur sayuran lainnya.

Wahyudi berharap dengan dibukanya lahan berkebun, dapat menjadi sarana pembinaan kepada para warga binaan.

"Terutama sarana pembinaan kemandirian terkait bagaimana cara berkebun dengan benar sehingga ketika bebas nanti mereka sudah memiliki kemampuan untuk berkebun," jelasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru