Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Ajak Damang Kepala Adat Awasi Penyaluran Bansos Covid-19

  • Oleh Hendra
  • 03 Juni 2020 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengajak Damang Kepala Adat yang baru dilantik agar ikut mengawasi penyaluran bantuan sosial atau bansos Covid-19.

Pesan ini disampaikan bupati saat melantik dan mengambil sumpah damang kepala adat Kecamatan Mahuhing Raya, Kecamatan Mining Raya dan Kecamatan Damang Batu, Rabu 3 Juni 2020.

"Mari kita bersama-sama, memantau, mengawal, serta mengawasi penyaluran bantuan sosial yang dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun dari dana desa juga," ucapnya.

Selama ini bupati banyak mendapat laporan bahwa data penyaluran bansos tidak valid dan penerimanya kurang tepat sasaran.

Padahal sebelum menyalurkan bansos, kepala desa, lurah dan pihak terkait lainya diminta melakukan verifikasi serta validasi data.

Bahkan jika data masih ada data keliru atau tidak valid harus di verifikasi ulang atau membatalkan penyaluran bansos.

Selai itu yang membuat bupati heran, masih ada saja yang tidak tahu jumlah penduduknya, padahal setiap desa sudah jelas berapa jumlah kepala keluarga, dan RT, RW juga ada, tapi tetap ada yang tidak mengetahui penduduknya mana yang terdampak dan mana yang prasejahtera.

Hal ini pun membuat bupati mengambil kesimpulan bahwa ada unsur kesengajaan yang dibuat oleh oknum, sehingga penyaluran bansos tidak tersalurkan dengan tepat.

"Jangan-jangan hal ini disebakan kerana ada unsur sengaja atau unsur yang sifatnya suka tidak suka," ungkapnya.

Dia berharap penyaluran bansos tepat saran sehingga bisa menyelesaikan masalah dampak sosial ekonomi masyarakat.

"Saya harap penyaluran bansos Covid-19 disalurkan tetap sasaran dan bila ada oknum yang bermain-main dengan bantuan segera laporkan kepada kami atau kepada pihak berwenang," pungkasnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru