Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadapi New Normal, Ini Inovasi Dilakukan Rumah Sakit Swasta

  • Oleh Teras.id
  • 04 Juni 2020 - 08:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Walaupun memasuki masa new normal, banyak masyarakat yang masih khawatir untuk berkunjung ke rumah sakit. Padahal, kesehatan dan keselamatan pasien tidak bisa ditunda. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui masyarakat mengenai tata cara rumah sakit dalam menjaga keamanan dan keselamatan pasien. Beberapa rumah sakit swasta pun melakukan berbagai inovasi untuk menghadapi era new normal ini.

Salah satunya adalah Primaya Hospital Group. Menurut Chief Executive Officer (CEO) Primaya Hospital Group Ferdy D. Tiwow, saat ini seluruh cabang rumah sakitnya telah menerapkan alur pemisahan pasien yang terindikasi Covid-19 dan pasien yang tidak terindikasi Covid-19.

Mereka pun menerapkan protokol kesehatan yang ketat terhadap seluruh pengunjung, baik pasien maupun pendamping pasien. Seluruh tim di rumah sakit akan menggunakan alat pelindung diri yang lengkap sesuai dengan zona wilayah ruang masing-masing rumah sakit.

Ferdy pun mengimbau agar semua pengunjung wajib menggunakan masker dan melalui screening kesehatan awal.

"Para petugas rumah sakit akan melakukan pengukuran suhu, pengecekan fisik, dan wawancara mengenai kondisi kesehatan serta riwayat kontak dengan wilayah atau orang lain yang terindikasi Covid-19. Primaya Hospital Group membedakan alur jalan dan ruangan pasien yang tidak lolos screening kesehatan awal dengan pasien yang lolos screening kesehatan awal,” Ferdy dalam keterangan pers pada 3 Juni 2020.

Pasien yang lolos screening awal atau tidak terindikasi Covid-19 akan ditempel sticker sebagai penanda kondisi pasien sehat dan dapat masuk ke gedung rumah sakit. Pasien dan pengunjung pun diminta untuk mencuci tangan dulu sebelum memasuki rumah sakit, tak lupa pula mereka diminta untuk tetap menjaga jarak antar pasien. Setiap rumah sakit di Primaya Hospital Group menerapkan jaga jarak di kursi tunggu setiap ruangan, lift, dan di berbagai titik lainnya. Primaya Hospital Group juga rutin membersihkan seluruh area rumah sakit menggunakan disinfektan.

Untuk pasien yang tidak terindikasi Covid-19 namun akan melakukan perawatan rawat inap, pasien tersebut harus tetap melakukan pemeriksaan screening Covid-19 berupa Thorax Rontgen, pengecekkan hematologi lengkap, dan Rapid Test untuk menghindari adanya potensi Covid-19 pada pasien saat melakukan perawatan rawat inap.

Rumah Sakit Swasta lain, OMNI Hospitals pun melakukan beberapa tindakan khusus. Dalam keterangan pers yang diterima Tempo, OMNI Hospitals menyediakan area layanan yang aman sehingga pasien tidak khawatir untuk berobat ke OMNI Hospitals. Pengecekan suhu tubuh kepada seluruh pengunjung OMNI Hospitals, penggunaan masker dan hand sanitizer di seluruh layanan OMNI Hospitals serta pembersihan secara berkala area layanan dengan disinfektan telah dilakukan selama pandemi oleh OMNI Hospitals.

Selain pentingnya keamanan pasien, OMNI Hospitals juga memperhatikan keamanan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan, dengan cara menggunakan alat pelindung diri, melakukan rapid test kepada pasien sebelum melakukan tindakan operasi, physical distancing dalam konsultasi dokter.

Untuk para pasien yang memperlukan pelayanan rawat jalan, OMNI Hospitals menyediakan layanan konsultasi virtual oleh dokter-dokter spesialis serta layanan homecare oleh tenaga medis. Selain itu, OMNI Hospitals juga menyediakan drive thru rapid test di area Lobby Parkir OMNI Hospitals sehingga pasien tidak perlu turun dan memasuki area layanan rumah sakit.

“Dengan konsultasi virtual dan layanan homecare, pasien yang ingin berobat tidak perlu datang ke rumah sakit, tetapi kami akan membawa layanan rumah sakit ke rumah anda. Because we care with passion. Kami pun telah bersiap menghadapi the new normal life,” ujar CEO OMNI Hospitals Group Maria Theresia Yulita. (TERAS.ID)

Berita Terbaru