Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bermain Warna dengan Anak, Ini Tips Tetap Kreatif

  • Oleh Teras.id
  • 04 Juni 2020 - 13:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bertanya adalah salah satu kegiatan yang selalu dilakukan anak. Mereka tak henti-hentinya mengeksplorasi dan mencari tahu tentang berbagai hal di lingkungannya. Belajar warna bisa membuat dunia anak semakin hidup. Tak perlu menunggu anak masuk usia sekolah untuk belajar mengenal warna, bahkan pelajaran yang satu ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana di sekitar. Dengan mengenal warna dan memahami konsepnya, anak akan mendapat banyak perbendaharaan kata. Dari situ, kemampuan komunikasinya bisa semakin berkembang dengan kreatif.

Ada banyak cara untuk belajar mengenal warna bersama anak-anak. Seperti beberapa ide kreatif berikut ini:

  1. Bermain dengan makanan
    Menu makanan di piring anak akan semakin sehat ketika warnanya bervariasi. Artinya, kandungan nutrisi yang tersedia juga kian beragam. Untuk itu, siapkan menu dengan warna warni beragam dan ajak mereka menyebut jenisnya. Tak hanya itu, ajak juga anak bereksperimen saat proses menyiapkan makanan di dapur. Mencampur bahan dengan warna berbeda sehingga menghasilkan satu warna baru juga akan jadi momen berkesan bagi mereka.
     
  2. Jangan takut berantakan
    Belajar mengenal warna bisa dilakukan dengan aktivitas yang seru seperti melukis langsung dengan tangan. Anda bisa membuat cat sendiri dengan mencampur tepung maizena dan merebusnya. Kemudian, tambahkan tetesan pewarna makanan sesuai selera.

    Jika sudah jadi, siapkan papan atau area yang bisa mereka “kotori” dengan tangan. Jangan ragu ikut terlibat, terutama ketika anak masih merasa ragu membasahi tangan mereka dengan cat air. Jangan takut berantakan karena di sinilah anak belajar dengan cara menyenangkan!

  • Menyamakan warna
    Saat bermain di luar, coba bawa beberapa mainan dari dalam rumah dengan warna yang berbeda. Kemudian, ajak anak bermain games dengan mencari apapun benda di luar sana yang berwarna sama dengan mainan mereka! Contohnya hijau untuk warna daun, rumput, atau jika beruntung bisa menemukan ulat bulu di sela dedaunan.
     
  • Membedakan warna
    Tak harus beraktivitas di luar rumah, saat sedang mengisi waktu di dalam rumah Anda juga bisa mengajak anak terlibat dalam permainan sorting colors. Caranya sederhana, cukup dengan memilah warna sesuai dengan kategori. Kemas aktivitas sederhana ini dengan menyenangkan, bisa jadi momen family time yang berkesan.
     
  • Dress up
    Tak hanya dari menu di piring dan benda di sekitarnya saja, pakaian yang mereka kenakan juga bisa menjadi ide belajar mengenal warna. Coba tunjukkan beberapa pilihan warna atasan dan bawahan, kemudian minta mereka memilih mana pasangan warna yang mirip.
     
  • Eksperimen di rumah
    Jangan kehabisan ide bereksperimen untuk belajar mengenal warna di rumah. Ada banyak permainan sederhana yang bahan-bahannya mudah ditemukan. Contohnya mencampur dua warna primer untuk menghasilkan warna baru, membuat science project dengan mencampur pewarna makanan, susu, dan sabun cuci, dan masih banyak lagi eksperimen yang bisa jadi ide kreatif.
     
  • Permainan di YouTube
    Tontonan di YouTube tidak selalu buruk, asalkan peran orangtua untuk mendampingi tetap ada. Ada banyak jenis permainan atau tontonan di YouTube atau gadget yang temanya belajar mengenal warna. Ajak anak mengenali warna dengan memadukan teks dan visual dipadukan dengan lagu menarik.

    Meskipun terkesan sepele, belajar mengenal warna bisa jadi salah satu pembelajaran yang dibekali orangtua dari rumah. Ajak anak mengenal apa saja jenis warna yang ada di dunia ini.
  • TERAS.ID

    Berita Terbaru