Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gorontalo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5 Warga Samuda Positif Covid-19 Merupakan Orang Tanpa Gejala

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Juni 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lima warga Kecamatan Mentaya Hilir Selatan yang dinyatakan positif covid-19 sebelumnya merupakan orang tanpa gejala. 5 orang itu dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab pasca reaktif rapid test yang diselenggarakan di Pasar Umar Hasyim Samuda.

"Mereka merupakan OTG dan baru dicurigai covid-19 setelah reaktif rapid test. Dan ternyata hasil swabnya positif covid-19," kata Bupati Kotim, Supian Hadi yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kamis, 4 Juni 2020. 

Dia menerangkan, OTG tersebut juga menjadi perhatian pihaknya. Gugus tugas masih melakukan tracing terhadap keluarga dan orang dekat pasien positif tersebut. 

Sebab, dikhawatirkan 5 orang ini sempat berinteraksi dengan sejumlah orang. Dan jika ada kontak erat dengan 5 orang pasien tersebut, maka akan dilakukan rapid test serta diminta isolasi mandiri di rumah. 

"Yang berbahaya ini OTG, karena yang bersangkutan tidak ada gejala namun ternyata positif Covid-19," terang Supian. 

Selain itu, Supian Hadi mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Protokol kesehatan harus selalu dijalankan.

"Jangan remehkan penggunaan masker atau mencuci tangan pakai sabun secara rutin. Karena hal itulah salah satu upaya terhindar dari covid-19," kata dia. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru