Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bukittinggi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Adhi Karya Bagi Dividen Rp 66,4 Miliar

  • Oleh Teras.id
  • 04 Juni 2020 - 22:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada tahun buku 2019 mencatatkan laba bersih senilai Rp 663,8 miliar. Namun perseroan hanya mengalokasikan untuk dividen tunai sebanyak 10 persen dari total laba atau Rp Rp 66,4 miliar.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengungkapkan pertimbangan perusahaan pelat merah itu membagikan dividen hanya 10 persen, karena di tengah pandemi Covid-19, perseroan membutuhkan dana untuk kepentingan modal kerja, operasional, maupun kepentingan penopang investasi.

"Terus terang, dengan pandemi yang sekarang ini, ada beberapa proyek yang digeser. Kemudian ada klien-klien juga yang kesulitan," kata Entus di Jakarta, Kamis 4 Juni 2020.

Dari total dividen senilai Rp 66,4 miliar dibagikan kepada pemegang saham yang dibayarkan dengan ketentuan 51 persen saham atau senilai Rp 33,8 miliar merupakan dividen bagian Negara Republik Indonesia yang akan disetorkan ke Kas Umum Negara.

Lalu sisa laba bersih yang tersisa 90 persen atau sebanyak Rp 597 miliar digunakan sebagai saldo laba yang belum ditentukan penggunaannya.

Entus mengatakan Adhi Karya pun telah melakukan langkah mitigasi dengan memilah pekerjaan-pekerjaan yang akan diteruskan dan yang dihentikan, karena terdampak oleh pandemi Covid-19.

Selain membagikan dividen, pada agenda Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan juga melakukan perombakan jajaran komisaris dan direksi.

Pemegang saham sepakat menunjuk Entus Asnawi Mukhson yang sebelumnya merupakan direktur keuangan perseroan menjadi direktur utama menggantikan Budi Harto.

Selain itu, Komisaris Utama Adhi Karya yang semula adalah Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman, kini ditempati oleh Dodi Usoho Hargo. (TERAS.ID)

Berita Terbaru