Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pasien Sembuh Covid-19 Bisa Bantu Pasien Positif Masih Sakit

  • Oleh James Donny
  • 04 Juni 2020 - 22:11 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau yang juga Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau Muliyanto Budihardjo menyebut pasien positif Cavid-19 yang sembuh bisa membantu pasien positif Covid-19 yang masih sakit.

"Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 sangat bermanfaat sekali untuk membantu pasien-pasien yang sakit, dan plasma kondisinya karena dia selamat dan sangat diperlukan," katanya saat rapat analisa dan evaluasi di Posko Tanggap Darurat Covid-19 Pulang Pisau, Kamis, 4 Juni 2020.

Menurutnya pasien positif kalau sudah sembuh dari virus corona secara medis aman. "Dia kebal, dan tidak akan terpapar lagi, kecuali oleh virus jenis lain, atau strain yang lain,” terangnya. Dia menegaskan pasien positif virus corona yang sembuh tidak akan menularkan lagi.

“Secara medis, kalau sudah dilakukan pemeriksaan swab 2 kali hasilnya negatif berturut-turut, pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, aman, dan tidak akan menularkan lagi,” ujarnya.

Kepala pelaksana BPBD Pulang Pisau selaku Sekretaris Gugus Tugas Covid-19, Salahudin mengharapkan kepada masyarakat agar tidak memberi stigma negatif kepada pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh.

“Jangan sampai dikucilkan, terima mereka kembali seperti dulu sebelum mereka terinfeksi virus Covid-19,” harapnya.

Harapannya juga agar kepala desa atau lurah bisa memberikan pemahaman dan pengertian kepada warga yang tinggal di lingkungan tempat tinggal pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh berikan pengertian bahwa dia sudah sembuh dan tidak akan menularkan virus corona lagi.

Kepala Dinas Kominfo Pulang Pisau selaku jubir media center gugus tugas, Moh Insyafi mengajak media massa untuk dapat membantu memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh, secara medis aman.

Kendati demikian dimasa pandemi Covid-19 seperti saat sekarang, protokol kesehatan agar tetap harus dijalankan. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru