Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

New Normal, KSP: Pemerintah Tak Mau Kepercayaan Masyarakat Hilang

  • Oleh Teras.id
  • 05 Juni 2020 - 12:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden atau KSP Donny Gahral mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta daerah serius mengkaji sektor yang hendak dibuka untuk beraktivitas normal.

“Harus ada kajian sektor yang akan dibuka, itu harus disimulasikan,” kata Donny dalam telekonferensi, Kamis, 4 Juni 2020.

Donny mengatakan, Jokowi secara khusus juga meminta sektor pendidikan, terutama taman kanak-kanak, dikaji terlebih dulu sebelum dibuka kembali. Sebab, imunitas anak-anak masih belum terbentuk secara kuat, sehingga rentan tertular penyakit Covid-19.

Presiden, kata Donny, juga meminta daerah tidak gegabah agar tidak terjadi gelombang kedua penyebaran Covid-19. Sebab, jika ditemukan adanya kasus positif di sektor-sektor yang telah dibuka, pemerintah harus segera menutup kembali.

“Kita tidak mau masyarakat kehilangan kepercayaan pada kita. Sudah dibuka, lalu lengah, dan ditutup kembali. Ini yang jadi concern pemerintah pusat,” ujarnya.

Pemerintah sebelumnya memutuskan 102 kabupaten dan kota diizinkan untuk beraktivitas normal. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan kepala daerah yang memutuskan kapan dan sektor mana saja yang boleh beraktivitas normal di 102 daerah yang dinilai aman dari Covid-19.

TERAS.ID

Berita Terbaru