Pemkab Kobar Bakal Gelar Rapid Test Massal Untuk Mengetahui Kondisi Penyebaran Covid-19

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Juni 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal menggelar rapid test massal pada Sabtu, 6 Juni 2020. Langkah itu dilakukan untuk mengetahui kondisi di lapangan agar nantinya bisa dilakukan penanganan pencegahan penyebaran covid-19, secepatnya.

Bupati Kobar Nurhidayah, Jumat, 5 Juni 2020 menuturkan, rapid tes massal itu rencananya akan dipantau langsung oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kapolda Kalteng Brigjen Pol Dedi Prasetyo dan Kajati Kalteng Mukri.

"Bila melihat kondisi covid-19 di Kobar saat ini, sepertinya transmisi lokal sudah terjadi," kata bupati. 

Untuk itulah, lajut bupati, dengan sasaran 1000 rapid test harapannya bisa diketahui tingkat penyebaran dan penularan covid-19 di Kobar.

"Sehingga dengan digelarnya ralid test massal ini bisa diketahui apakah orang yang reaktif meningkat atau tidak" ungkapnya.

Dengan diketahuinya hasil rapid test ini, menurut Bupati, akan dijadikan acuan untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran covid-19.

"Nantinya bisa dikeluarkan kebijakan yang berfungsi sebagai warning untuk meminimalisir penularan dan penyebaran covid-19 di Kobar," tutunya. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru